8 Manfaat Menyantap Makanan Pedas

Makanan pedas telah menjadi primadona saat ini. Terbukti dari munculnya berbagai macam makanan seperti mi, seblak, bakso, dan makanan lainnya berinovasi menyuguhkan tingkat kepedasan yang sangat menggoda. Bahkan, beberapa makanan luar negeri seperti sukiyaki, fried chicken dan ramen juga diinovasi dengan meyuguhkan rasa pedas. Untuk Kamu yang tidak memiliki masalah dengan lambung, aman-aman saja jika menyantap hidangan pedas dengan batas wajar. Namun untuk Kamu yang memiliki masalah lambung, jangan sekali kali mencoba makanan dengan takaran yang sangat pedas ya, karena hal ini tentu akan memperburuk kondisimu.

Mungkin ada beberapa diantara kalian sepakat jika makanan yang memiliki cita rasa pedas memiliki dampak buruk bagi kesehatan, namun sebenarnya banyak sekali manfaat yang akan Kamu dapatkan. Apa saja? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Makanan pedas menyehatkan jantung

Makanan Pedas Menyehatkan jantung

Menyantap makanan pedas ternyata dapat menyehatkan jantung lho! Hal tersebut karena kandungan cabai yang dapat mencegah pembekuan darah. Pakar kesehatan juga menunjukkan kadar kolesterol/LDL bisa mencegah oksidasi yang dapat menyumbat pembuluh darah. Tak hanya itu, Capsaicin juga dipercaya efektif untuk melawan inflamasi yang telah diidentifikasi yang bisa memicu resiko penyakit jantung.

Makanan pedas dapat menurunkan berat badan

Makanan pedas dapat menurunkan berat badan

Ternyata, Capsaicin dalam cabai juga dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membantu membakar kalori lebih cepat. Hal ini dikarenakan Capsaicin dapat meningkatkan suhu tubuh dan memiliki peran dalam meningkatkan detak jantung. Ada juga studi yang menunjukkan orang yang memiliki hobi makan pedas biasanya akan makan dengan jumlah porsi yang lebih sedikit sehingga berat badan tetap terkontrol.

Anti kanker

Anti kanker

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi makanan pedas secara teratur dapat mengurangi resiko kanker. Lagi-lagi karena kandungan Capsaicin yang juga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan mematikan sel kanker tanpa merusak sel lainnya.

Melancarkan sirkulasi darah

Melancarkan sirkulasi darah

Rasa pedas juga akan memperlancar sirkulasi darah sekaligus menurunkan tekanan darah. Cabai juga dapat membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena terdapat kandungan vitamin A dan C.

Meningkatkan fungsi pencernaan

Meningkatkan fungsi pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran pencernaan adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam perut dan juga dapat meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga dipercaya dapat membunuh bakteri H pylori yaitu penyebab sakit maag. Akan tetapi Anda akan mengalami heartburn atau rasa panas setelah makan pedas, cobalah tablet anti acid yang akan menetralisir asam di lambung.

Dapat menjaga mood

Dapat Menjaga mood

Untuk Kamu yang sering unmood, ternyata rasa pedas dipercaya dapat menjaga mood mu dengan baik. Karena cabai dapat meningkatkan level endorphin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan yang nyaman. Hormone ini juga dapat melawan stress dan depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *