Cara Membedakan Sayur Organik dan Non Organik

Saat ini manusia mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan, salah satunya dengan cara menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Memilih makanan yang terbuat dari bahan pangan organik seperti sayur merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan. Makanan organik memiliki rasa yang enak, dan aman karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga jauh dari bahan kimia atau bahan lainnya yang dapat memperburuk kesehatan.

Banyak sekali makanan diluar sana yang menggunakan tagline makanan yang dibuat menggunakan bahan-bahan organik, padahal kita tidak pernah tahu kebenarannya. Maka dari itu kami akan memberikan tips bagaimana cara membedakan bahan makanan organik dan non organik.

Cek sertifikasi

Cara Membedakan Sayur Organik dan Non Organik Cek sertifikasi

Biasanya makanan organik memiliki sertifikat yang dapat dilihat dari pemberitahuan yang ditempel di dekat makanan tersebut dijual. Bacalah dengan seksama dan pastikan serifikat itu asli, biasanya sertifikat makanan organik atau non organik diurus oleh Biocert. Makanan yang sudah memiliki sertifikat sudah pasti aman dikonsumsi karena bebas dari bahan kimia.

Melihat label yang tertera

 Melihat Label yang Tertera

Lihatlah label yang tertera pada  kemasan makanan, hal ini dapat dilakukan untuk memastikan makanan yang Anda beli organik atau tidak. Kemudian lihatlah komposisi dari bahan yang digunakan apakah mengandung bahan tambahan kimia atau tidak. Anda baiknya melakukan hal ini agar terhindar dari penipuan, jangan sampai Anda tertipu dan mengkonsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Sayur dalam kondisi baik

Sayur dalam kondisi baik

Biasanya makanan organik memiliki tampilan yang berbeda seperti memiliki kemasan yang berbeda dan biasanya bahan makanan organik seperti buah dan sayur tidak mulus seperti yang non organik. Hal ini dikarenakan bahan makanan non organik tidak menggunakan pembasmi hama sehingga wajar saja jika buah atau sayuran terdapat lubang bekas gigitak ulat. Ciri lainnya bahan makanan seprti sayur atau buah terlihat lebih cerah dibandingan non organik karena ada beberapa pedagang nakal yang menggunakan lilin pada buah agar terlihat mengkilat, segar dan awet. Makanan berbahan dasar organik akan memperlihatkan warna cerah alaminya. 

Sayur organik dalam kondisi segar

Sayur organik dalam kondisi segar

Biasanya bahan makanan organik seperti buah dan sayur akan Nampak lebih segar dibandingkan non organik. Pun saat Anda membelinya, membawa pulang dan akan melakukan proses memasak sayuran organik akan tetap segar, hal itu dapat berindikasi jika sayuran tersebut baru saja dipanen. Bahan yang segar juga dapat diartikan sebagai bahan yang memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat diyakini jika bahan makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Demikian tips cara membedakan bahan makanan organik dan non organik. Semoga bermanfaat dan Anda harus lebih teliti dalam memilih makanan agar tetap sehat dan bugar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *